Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Supaya Screen Recorder Pada Xiaomi Mampu Sumber Suara Dari Speaker (Internal)

Berawal dari saya menjajal fitur screen recorder pada Xiaomi Redmi 5A, saya mendapati sumber bunyi dari rekamannya bisa dari internal (speqker). Hal ini berbeda dengan screen recorder pada Xiaomi Redmi 4X yang hanya bersumber pada microfon, sehingga hasil suara dari screen recorder nya sedikit bising.

Karena penasaran, aku risikonya mencoba mengutak-atik Xiaomi Redmi 4X supaya bisa juga sumber bunyi screen recorder nya pada speaker (Internal).

Pertama yang aku lakukan yakni edit build.prop kemudian mengganti "ro.product.device=santoni" menjadi "ro.product.device=mido" dan risikonya sumber suara dari speaker pun timbul. Wow, kok asing ya (saya sempat terkejut waktu iti).

Dan sesudah saya bongkar-bongkar apk nya ternyata oh ternyata di apk nya memang sumber bunyi speaker telah diatur untuk beberapa device saja. Device yang support sumber suara screen recorder dari speaker yaitu cancro (mi 3 / mi 4), gemini (mi 5), mido (Redmi note 4 Qualcomm / 4X), sagit (mi 6), chiron (mi mix 2), tiffany (mi 5x),  kenzo (Redmi note 3 Pro / Qualcomm), rivq (Redmi 5A).

Nah bila Xiaomi kau tidak bisa dikelola sumber suara screen recorder nya dari speaker, lalu kau ingin biar bisa juga sumber suara screen recorder nya dari speaker maka solusinya ada dua cara (memerlukan terusan root). Adalah sebagai berikut.

1. Edit build.prop 

Edit build.prop lalu ubah "ro.product.device=(nama devive kau)" menjadi "ro.product.device=(nama device yang support sumber suara screen recorder dari speaker diatas)

2. Edit MiuiScreenRecorder.apk 

Untuk mengedit MiuiScreenRecorder.apk kamu bisa dengan cara dcrc via apktool, ataupun tanpa dcrc dengan menggunakan tool MT Manager.apk. Alternatif lain yakni dengan root explorer dengan cara ekstrak dulu MiuiScreenRecorder.apk lalu edit dan rezip kemudian rename kembali menjadi MiuiScreenRecorder.apk.
Yang perlu diedit adalah bab assert/PhoneConfig.json. kemudian tambahkan kodename device  kau disitu. Misal aku ingin menambah fitur itu pada Xiaomi Redmi 4X yang kodename nya santoni. Maka aku harus menyertakan :

 ,
    "phoneId": "santoni",
    "isSupportInner": "true"
 




Jika sudah silahkan save. Tinggal push MiuiScreenRecorder.apk yang telah diedit ke system/app/MiuiScreenRecorder/disini lalu set permission rwrr lalu reboot.

Posting Komentar untuk "Cara Supaya Screen Recorder Pada Xiaomi Mampu Sumber Suara Dari Speaker (Internal)"