Snapdragon 690, Chipset 5G Ponsel Kelas Menengah

Snapdragon 690, Chipset 5G Ponsel Kelas Menengah

Setelah di artikel Chipset Terbaru Qualcomm, Apakah Snapdragon 775? membahas tentang kehadiran chipset untuk kelas High End, kini Qualcomm sedang bersiap untuk meluncurkan chipset terbaru, yaitu Snapdragon 690. Melihat serinya, ini cukup menarik. Sebab chipset seri 600an cukup banyak ponsel yang menggunakan jenis chipset ini tahun lalu. Itu berarti jenis chipset seri 600an dari segi biaya bisa dikatakan lebih terjangkau dari seri 700an. Untuk itulah mengapa ponsel kelas menengah saat ini menjadi kelas smartphone yang menjadi banyak dicari.

Chipset terbaru dari Qualcomm ini, Snapdragon 690 sudah support untuk jaringan 5G. Sehingga untuk tahun 2020, jika ada ponsel yang menggunakan chipset ini pasti masuk menjadi kategori ponsel tren 2020 dan terlihat kekinian. Snapdragon 690 adalah chipset dengan fabrikasi 8nm yang sering dikaitkan dengan chipset pengganti dari Snapdragon 675 yang ada di ponsel seperti Redmi Note 7 Pro dan Vivo V19. Berdasarkan pernyataan dari Qualcomm, Snapdragon 690 membawa peningkatan kinerja CPU sebesar 20% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 60% dibandingkan dengan Snapdragon 675.

Dari pernyataan Qualcomm, ada sedikit dari pernyataan terssebut yang terdengar cukup menarik. Snapdragon 675 membawa modem Snapdragon X51 di dalamnya. Itu berarti modem tersebut sudah support untuk jaringan sub-6GHz. Ada juga dukungan untuk Wi-Fi 6 dari FastConnect 6200 Qualcomm. Dari penjelasan ini, tentunya bisa dibayangkan kecepatan jaringannya jika kita sudah mempunyai infrastruktur 5G yang cukup memadai.

Selain modem, ada hal lain yang saya kira juga menyita perhatian. Yaitu terdaoat mesin Artificial Intelligence baru yang disebut ARCSOFT yang mencakup Hexagon Tensor Accelerator yang membuat filter Snapchat Real Time tidak ada masalah lagi. Dengan AI yang baru ini, anda juga mendapatkan transisi yang lebih mulus saat beralih dari kamera ultrawide menuju telefoto.

Chipset Snapdragon 690 ini sudah support untuk ponsel dengan tampilan layar dengan resolusi FHD + dan kecepatan refresh 120Hz. Untuk sektor video, chipset ini support untuk perekaman video 4K dengan 30fps dan masih mendukung sensor kamera 100MP. Qualcomm mengatakan ada juga peningkatan baru untuk encoding video serta juga mendukung Quick Charge 4+.

Terkait dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Snapdragon 690, terdapat sejumlah produsen ponsel yang diharapkan meluncurkan ponsel yang ditenagai oleh chipset tersebut. Beberapa di antaranya adalah HMD Global, LG, Motorola, Sharp, TCL, dan Wingtech.

Setelah sempat disibukkan dengan pemberitaan pandemi Covid 19, sepertinya geliat teknologi smartphone akan kembali bergairah. Hal tersebut dikarenakan adanya kemunculan chipset terbaru Qualcomm. Tentunya akan semakin banyak pilihan bagi produsen smartphone untuk merilis ponselnya. Sehingga diharapkan akan mempengaruhi ekonomi dibidang teknologi khususnya smartphone. 

Jadi bagaimana pendapat teman teman mengenai chipset terbaru dari Qualcomm ini? Sepertinya ponsel 5G akan menjadi lebih terjangkau. 

Belum ada Komentar untuk "Snapdragon 690, Chipset 5G Ponsel Kelas Menengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel