Pilih Ngecharge Cepat Atau Baterai Tahan Lama?

fast charging atau baterai tahan lama?
image source: pexels.com (account name: Steve Johnson)

Jika kita membeli sebuah ponsel, entah apapun mereknya pasti kita berpikir memilih yang sudah support fast charging atau baterai tahan lama. Banyak sekali sudut pandang mengenai pilihan tersebut, tentu saja pilihan setiap orang berbeda beda. Namun ada satu hal yang saya kira semua orang sepakat adalah bahwa ponsel kita memerlukan jangka waktu pakai lebih panjang alias tidak cepat habis. Dan sementara produsen ponsel benar benar telah meningkatkan kapasitas baterai setiap tahunnya, tetapi masih saja tidak bisa menghilangkan kekhawatiran bahwa baterai benar benar habis ketika sedang dibutuhkan untuk aktivitas penting.

Dalam pembahasan mengenai daya tahan sebuah ponsel, saya tidak berpendapat bahwa meningkatkan kapasitas baterai ponsel akan menghilangkan kekhawatiran bahwa baterai benar benar habis ketika sedang dibutuhkan untuk aktivitas penting. Tetapi mungkin jawaban dari masalah ini adalah waktu charge yang lebih cepat sehingga ponsel kita bisa digunakan lagi dengan kapasitas baterai yang sudah kembali penuh.

Jika kita pikirkan, memiliki ponsel yang baterainya dapat dengan mudah bertahan sehari mungkin bahkan bisa tembus dua hari adalah hal sangat bagus. Tetapi jika Anda lupa ngecharge pada waktu yang tidak tepat dan baterai hampir habis, pastilah hal tersebut menjadi sebuah masalah. Baterai besar membutuhkan waktu lebih lama untuk dicharge dan jika ponsel anda tidak tidak support fast charging, mungkin perlu beberapa menit bahkan bisa dalam beberapa jam sebelum ponsel anda bisa digunakan lagi.

Seperti kebiasaan banyak orang saat menggunakan ponsel, ada suatu kebiasaan lama, menggunakan ponsel seharian penuh dan mengechargenya saat akan tidur. Hal tersebut menjadi kebiasaan pengguna ponsel dikarenakan adanya aktivitas kerja, sehingga pada malam hari baru sempat ngecharge ponsel.

Smartphone Flagship memang mempunyai kelebihan yang tidak dipunya kategori ponsel dibawahnya. Sebagai contoh Xiaomi Mi 10, Samsung S20, OnePlus 8 Pro, Huawei P40 Pro, kemampunyan ngechargenya termasuk cepat, bahkan sangat cepat. Hanya sekitar dalam sekitar tiga puluh menit baterai terisi 0-80% . Tentunya ini mengubah kebiasaan baru dimana dulu mencharge ponsel adalah hal wajib, tapi kini jika lupa mencharge tinggal tunggu beberapa menit maka ponsel akan terisi penuh. Mantap jiwa bukan.

Teman anda menelepon untuk jalan jalan tetapi baterai anda lemah? Tinggal charge saja beberapa menit baterai ponsel anda sudah lebih hampir penuh dan acara jalan jalan anda tidak perlu dihantui kecemasan baterai belum terisi penuh. Mungkin sekarang saatnya meninggalkan kebiasaan mencharge ponsel semalaman karena itu bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan ponsel.

Kekurangan Fast Charging

1. Umur Pakai Baterai Lebih Cepat

2. Charger Mahal

3. Tetap harus bawa Power Bank apabila tidak ada stop kontak

Namun menurut pendapat saya, fast charging adalah salah satu fitur yang tidak terlalu diunggulkan smartphone saat ini. Walaupun banyak smartphone yang mempunyai tampilan layar refresh rate tinggi dan kualitas pixel yang tinggi, semuanya akan tampak biasa saja apabila tidak mendukung fast charging.

source: phonerena.com

Belum ada Komentar untuk "Pilih Ngecharge Cepat Atau Baterai Tahan Lama?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel