Xiaomi Mulai Membidik Jaringan 6G

Xiaomi Mulai Membidik Jaringan 6G

Tahun 2020 Xiaomi sudah merilis smartphone 5G ke pasar Global. Mulai dari Seri Flagshipnya yaitu seri MI 10 series, seri High End yaitu Redmi K series, sampai seri Redmi yang berada di level Mid Range yaitu Redmi 10X. Dengan hadirnya smartphone Xiaomi yang sudah support jaringan 5G dihampir semua level, membuktikan bahwa Xiaomi tidak kalah dengan ponsel asal China lainnya. Sehingga persaingan ponsel 5G masih bersaing ketat dengan nama nama yang sudah kita kenal seperti Huawei, Vivo, Oppo, Xiaomi, Samsung. Persaingan yang ketat ini mungkin akan bertambah panas dengan niatan Xiaomi yang mulai membidik sektor jaringan 6G.

Tahun 2020 infrastruktur jaringan 5G sudah dimulai duluan oleh produsen smartphone yang cukup terkenal, yaitu Huawei. Selain terkenal karena produk smartphonenya yang berkualitas, Huawei juga terkenal karena sudah tidak bisa menggunakan layanan Google Mobile Service. Terlepas dari kontroversi tersebut,  Huawei adalah produsen yang telah siap dan mampu menyediakan jaringan 5G. Lalu apakah Xiaomi bisa mewujudkan membangun sebuah jaringan baru yang disebut jaringan 6G?

Jika kita sedikit mundur kebelakang, sepertinya usaha Xiaomi untuk menjadi penyedia infrastruktur 6G tidaklah mudah. Mengapa bisa begitu? Lagi lagi Huawei penyebabnya. Setelah sukses dengan 5Gnya, rupanya Huawei juga mempunyai ambisi yang sama dengan Xiaomi, yaitu ingin mennjadi penyedia jaringan 6G. Apakah saingan Xiaomi hanya Huawei saja? Ternyata tidak, ternyata Samsung ingin ikut ambil bagian dalam persaingan 6G tahun depan. Pernyataan Samsung dan Huawei memang sudah dikemukakan pada tahun lalu. Sehingga Xiaomi harus mempunyai strategi yang cukup bagus untuk menaklukan kedua raksasa smartphone ini.

Meskipun Xiaomi mempunyai dua saingan yang cukup berat, sepertinya CEO Xiaomi (Lei Jun) cukup serius dengan ambisinya untuk menjadi penyedia jaringan 6G. Lei Jun mengatakan bahwa Xiaomi telah mulai melakukan penelitian pendahuluan tentang 6G. Hal tersebut rupanya didukung oleh divisi kerja yang berfokus pada Internet Satelit yang berhubungan dengan smartphone.

Pada tahun 2020 ini Xiaomi memberikan pernyataan bahwa akan mulai meninggalkan unit usaha yang berfokus pada 4G. Ini berarti bahwa Xiaomi akan berhenti memproduksi smartphone yang masih memanfaatkan jaringan 4G. Tetapi perlu diketahui bahwa kebijakan ini hanya dilakukan di China saja, jadi untuk market global Xiaomi tetap memproduksi ponsel 4Gnya. Memang saat ini strategi penjualan ponsel 5G Xiaomi mengalami kemunduran yang disebabkan oleh pandemi Covid 19. Tetapi CEO Xiaomi tersebut akan menggenjit penjualan smartphone 5G dan hanya akan menjual ponsel 4G untuk kelas smartphone dengan biaya terjangkau saja.

Mungkin bagi anda yang tertarik dengan ponsel 5G Xiaomi, anda bisa menjatuhkan pilihan pada Redmi 10X. Ponsel ini adalah ponsel terbaru Redmi yang merupakan Sub Brand Xiaomi yang mempunyai varian termurah sekitar 1600 yuan, atau jika dirupiahkan sekitar 3,3 jutaan saja. Jika melihat jangkauan harganya, Redmi 10X ini adalah ponsel yang paling layak anda beli mengingat dengan membayar 3,3 jutaan saja anda sudah bisa membawa pulang sebuah smartphone 5G. Tetapi yang menjadi kendala sampai saat ini adalah smartphone ini masih belum ada informasinya apakah akan dilepas ke pasar Global atau tidak. Sehingga MI Fans yang ada di Indonesia hanya bisa berharap tanpa ada kepastian.  

Jadi apabila smartphone Redmi 10X masih tidak jelas kapan masuk ke pasar Indonesia, munkin anda bisa mempertimbangkan ponsel Flagship Xiaomi MI 10. Meskipun harganya mungkin tiga kali lipas lebih mahal tetapi anda bisa menunggu sekitar dua atau tiga bulan lagi sembari menabung dan harganya pasti akan mengalami penurunan. 

Mungkin kedua rekomendasi ponsel diatas bisa anda pertimbangkan untuk anda beli dengan pertimbangan harga dan ketersediaanya sambil menunggu kabar mengenai perkembangan 6G dari Xiaomi lebih lanjut. Jadi menurut anda apakah Xiaomi akan mampu menjadi penyedia jaringan 6G seperti Huawei? Tuliskan pendapat kalian dikolom komentar ya teman teman. Agar kita bisa saling bertukr pikiran mengenai teknologi yang akan menggantikan 5G ini. Terima Kasih.   

source: androidcentral.com

Belum ada Komentar untuk "Xiaomi Mulai Membidik Jaringan 6G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel