Qualcomm Snapdragon 875 Chipset Baru Untuk Flagship?

qualcomm snapdragon phonesbridge

Masih ingat diingatan kita tahun 2019 lalu Qualcomm membuat sebuah event di Hawai yang bernama Qualcomm Snapdragon Tech Summit. Di event tersebut Qualcomm memperkenal beberapa chipset baru yang akan dipergunakan. Ada chipset yang support untuk laptop dan ada chipset yang sudah support jaringan 5G. Saat itu beberapa Youtuber teknologi atau Tech Reviewer dari Indonesia juga berkesempatan untuk menghadiri acara tersebut. Dari merekalah kita melihat bagaimana kecanggihan dari chipset chipset terbaru buatan Qualcomm. Berbekal kecanggihan chipset dan perkembangan teknologi AI yang semakin meningkat, maka performa dari sebuah ponsel Flagship akan berjalan dengan optimal.  

Kini, chipset dari Qualcomm sudah menunjukkan bahwa kinerjanya berjalan dengan baik. Hasilnya bisa kita lihat di Qualcomm Snapdragon 865. Chipset ini telah digunakan oleh Xiaomi, yaitu Xiaomi MI 10, Samsung dengan Samsung S20 Ultranya. 

Berbicara Snapdragon 865, sebenarnya masih banyak merek merek ponsel yang perlu dibahas dan diperbandingkan performanya. Mengapa begitu? Tentu saja karena chipset ini adalah chipset terbaru Snapdragon, kedua adalah karena chipset ini adalah chipset yang sudah mendukung 5G. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya Qualcomm sedang mempersiapkan untuk merilis chipset yang akan menggantikan Snapdragon 865 ini? 

Pengganti dari Snapdragon 865 ini diperkirakan akan bernama Snapdragon 875. Snapdragon 875 diharapkan akan diperkenalkan pada Bulan Desember tahun ini. Berdasarkan berita yang beredar secara online, Snapdragon 875 akan menjadi chipset pertama yang menjalankan prosesor 5nm. Untuk saat ini yang terkecil masih 7nm, itu saja sudah sangat powerful dan irit daya. Apalagi yang 5nm ya guys. 

Snapdragon 875 mempunyai kode nama SM8350 yang sudah sepaket dengan modem RF Snapdragon X60 5G. Masih harus ditunggu beritanya, apakah modem akan terintegrasi atau terpisah. Mengingat bahwa kini jaringan 5G sedang berkembang. Kemungkinan Qualcomm memutuskan untuk langsung mengintegrasikan modem dengan chipset.

Qualcomm Snapdragon 865 juga hadir dengan modem 5G bawaan. Tetapi konsumen tidak terlalu menyukainya dikarenakan akan berpengaruh ke biaya produksi. Sehingga akan menyebabkan ponsel menjadi lebih mahal. Mungkin hali dikarena infrastruktur 5G masih pada tahap awal pengembangan.

Berita yang telah beredar di internet mengatakan bahwa Snapdragon 875 mendatang akan memiliki CPU Kryo 685 yang dibangun di atas teknologi ARM v8 Cortex dengan GPU Adreno 660, Adreno 65 VPU, dan DPU Adreno 1095. Bagian Modem akan mendukung band mmWave dan sub-6GHz.

Snapdragon 875 juga dikatakan memiliki Qualcomm Secure Processing Unit (SPU250), mesin pengolah gambar Spectra 580, dan Teknologi Inti Sensor Snapdragon. Adapun opsi konektivitas, ia akan memiliki Wi-Fi 802.11ax eksternal, 2 × 2 MIMO, dan Bluetooth Milan.

Chipset ini akan hadir dengan fitur Compute Hexagon DSP dengan Hexagon Vector eXtensions dan Hexagon Tensor Accelerator. Fitur ini akan mendukung paket-paket-on-paket (PoP) berkecepatan tinggi LPDDR5 SDRAM Quad Channel. Selain itu juga dikatakan juga mempunyai subsistem audio berdaya rendah yang dikombinasikan dengan Aqstic Audio Technologies WCD9380 dan codec audio WCD9385.

Demikianlah berita yang bisa saya bagikan mengenai Qualcomm Snapdragon 875. Semoga bermanfaat. Terima Kasih


Belum ada Komentar untuk "Qualcomm Snapdragon 875 Chipset Baru Untuk Flagship?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel