Intip Fitur Baru Android 11

Ketika membicarakan teknologi sepertinya selalu banyak topik yang akan dibahas. Ketika membicarakan teknologi ponsel, rasanya cepat sekali perkembangan dari sisi hardware dan software. Teknologi memang tak pernah habis habisnya untuk dibahas. Contohnya saya membeli ponsel ditahun 2018, jika dibandingkan dengan sekarang saya merasa ponsel saya seperti sudah sangat kuno baik secara desain dan teknologinya. Itu menandakan bahwa dari 2018 sampai 2020 perkembangan teknologi mempunyai lompatan yang sangat jauh. 

Sistem Operasi smartphone yang kini sudah sangat populer, yaitu Android dan IOS juga mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kedua sistem operasi ini sepertinya memang berlomba lomba untuk menunjukkan kepada kita mana yang terbaik. Pernah ada dulu sistem operasi yang sebenarnya cukup potensial mengejar Android dan IOS yaitu Windows Phone. Tetapi dikarenakan hanya sedikit developer yang memporting aplikasinya ke sistem operasi ini, akhirnya usia dari Windows Phone berakhir juga. Cukup disayangkan sebenarnya, karena saya cukup mengikuti perkembangan Windows Phone dan pernah punya devicenya juga sih (Nokia Lumia 625). Menurut saya, hanya Windows Phonelah yang mampu menyaingi IOS karena dengan RAM yang kecil tetapi dapat memaksimalkan kinerja ponsel.

phonesbridge android 11


Berbicara Android, sistem operasi ini mungkin adalah sistem operasi yang terbanyak orang pakai. Cukup masuk akal, mengingat device Iphone baru, Macbook Pro Baru, dan device Apple lainnya masih mahal, meskipun beberapa seri Iphone lama semacam Iphone 6s, 7, 8 sudah mulai murah. Selain fakta tersebut, Google memang perusahaan yang cukup berinovasi terhadap Android. 

Teringat waktu dulu ramai dibicarakan di Android 8 Nougat, bahwa versi Android tersebut sudah mampu menghadirkan fitur split screen. Tetapi lagi lagi saya kembali harus bersabar karena Xiaomi melalui MIUInya masih belum membuka fitur tersebut. Dibutuhkan akses khusus agar dapat membuka fitur tersebut, yaitu Root. Akhirnya setelah menunggu update terbaru dari MIUI 9 atau 10 saya lupa akhirnya split screen tersebut bisa kita gunakan. Kini di versi Android 9 pun terdapat fitur Dark Mode yang pasti sebelum semua device mendapat fitur ini semua pengguna ponsel Android cukup antusias menantikannya. Ini menandakan bahwa setiap ada kenaikan versi Android selalu ada fitur baru yang diberikan oleh Google

Belum selesai dengan kabar terbaru mengenai distribusi Android 10 yang dilakukan oleh Google, sudah ada saja berita berita mengenai fitur fitur yang diberikan Android 11. Beruntunglah fitur ini bisa ada di Smartphone Flagship maupun Mid Range. Yuk intip fitur baru Android 11 yang akan dibagikan pada tahun depan:

1. Pengaturan Koneksi 5G

Buat yang belum tahu tentang API (Application Program Interface), sedikit saya jelaskan secara sederhana adalah pengintegrasian dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Mungkin selama ini sudah berjalan duluan adalah sebuah website dengan website lain. Nah, Android 11 ini terdapat API khusus yang memungkin mendeteksi jaringan 5G sehingga proses pertukaran data akan disesuaikan dengan kemampuan 5G yang dalam hal ini berkecepatan sangat tinggi sehingga dapat memproses video dengan ekstensi 4K dengan cepat.

2. Pemberitahuan Pesan Dalam Bentuk Boba (Bubble)

Boba yang disini bukan Chatime ya teman teman. Jika teman teman ingat aplikasi Messenger dari Facebook pasti notifikasi yang kita terima adalah semacam gelembung berbentuk bulat yang tiba tiba muncul. Nah di Android 11, penggunaan bodel notifikasi seperti ini akan diperluas penggunaannya. Bisa dikondisikan untuk aplikasi chatting yang sudah populer seperti Whatsapp. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa digunakan di aplikasi chatting yang lebih luas.

3. Pengaturan Privasi Yang Lebih Baik

Pengaturan privasi di Android semakin lama semakin meningkat. Di Android 11 ini pengaturan privasi lebih ditingkatkan lagi kemampuannya. Di versi Android terbaru ini, pengguna ponsel bisa menentukan mana saja aplikasi yang membutuhkan izin untuk akses kamera, kontak, dll yang bisa diatur sekali pakai saja. Pengaturan privasi yang baru ini juga akan secara otomatis memblokir permintaan izin berulang dari aplikasi. Jika kita tap dua kali maka pada notfikasi yang meminta izin meminta otorisasi, maka secara otomatis notifikasi hilang. Fitur ini masih bisa disesuaikan secara manual di menu pengaturan, jadi tenang saja karena fitur ini tidak kaku.  

4. Perekaman Layar

Sempat hilang di versi Android 10, fitur ini kembali hadir di Android 11 dengan tampilan dan fitur yang lebih baik. Tetapi jika anda tidak suka dengan bawaan system, beberapa merek seperti Xiaomi melalui MIUInya sudah memberikan aplikasi bawaan untuk fitur perekaman video.

Itulah sebagian kecil fitur dari Android 11 yang bisa kita intip. Untuk perkembangan penambahan fitur di Android 11 sepertinya anda harus lebih bersabar lagi menunggu pengumuman resmi dari Google selanjutnya. Apabila teman teman menemukan fitur lain yang belum saya masukkan, silakan ditambahkan dikolom komentar ya teman teman. Terima Kasih. GBU!


  

Belum ada Komentar untuk "Intip Fitur Baru Android 11"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel