Masih Belum Tahu NFC Itu Apa?

Halo guys, Apa kabar semuanya? Sekedar pemberitahuan, ini adalah postingan pertama dari Phones Bridge. Pada postingan pertama ini, Phones Bridge ingin membahas tentang apa itu istilah "NFC". Penting enggak sih NFC? Makanan apa sih NFC? Mungkin bagi beberapa orang, bisa juga anda yang membaca postingan ini masih bingung apa sih "NFC"? Atau mungkin ada yang menghubungkan dengan salah satu gerai makanan yang sudah terkenal di Indonesia yaitu "KFC"?  Okay, bagi temen teman yang masih belum tahu NFC itu apa yuk kita bahas bersama Phones Bridge.
phonesbridge nfc near field communication


1. Awal Booming

Bagi yang suka mengikuti perkembangan handphone, khususnya smartphone. Berita tentang NFC ini sedang hangat hangatnya muncul Quartal akhir tahun 2019, tepatnya Bulan Oktober 2019. Berita tentang NFC ini digembar gemborkan oleh salah satu produsen smartphone yang udah sangat populer di Indonesia yang mempunyai basis Fans yang cukup besar dan fanatik. Brand apa lagi kalau bukan Xiaomi. Melalui Sub Brand Xiaomi, yaitu Redmi. Xiaomi meluncurkan sebuah smartphone bernama Redmi Note 8 Pro yang mempunyai fitur NFC direntang harga tiga jutaan saja. Hal ini tentu sangat menarik, mengingat fitur NFC kebanyakan hanya berada pada smartphone "Flagship" saja. Dengan rentang harga tiga jutaan saja, bagi anda yang ingin mempunyai smartphone yang mendukung fitur NFC tentu adalah sesuatu mimpi yang menjadi kenyataan. Rentang harganya yang murah ini sudah tentu menjadi buah bibir dikalangan pecinta smartphone, sehingga sudah pasti fitur NFC ini menjadi bahasan netizen yang tak jarang menjadi "Deal Breaker" dalam menentukan smartphone mana yang akan dibeli.   

2. Pengertian

NFC adalah singkatan dari "Near Field Communication". Berdasarkan pengertian yang kami dapatkan dari Wikipedia Indonesia, suatu bentuk komunikasi jarak pendek tanpa kabel atau bahasa bakunya secara nirkabel. Disini tidak disebutkan seberapa jarak dekat yang dimaksud, jadi bisa dikatakan NFC bisa dilakukan antar benda atau gadget. Bisa didekatkan atau ditempel / disentukan pada perangkat yang sudah mempunyai fitur NFC. Agar NFC dapat bekerja, NFC memerlukan frekuensi radio atau yang biasa disebut RFID / Radio Frequency Identification. Dengan frekuensi ini, data akan dikirim secara cepat melalui medan elektromagnetik. Kira kira begitulah penjelasan sederhana dari NFC ini. Semoga bisa dipahami ya guys.

3. Untuk Apa

  • Pernah enggak sih kalian pada suatu kali pergi keluar kota, karena enggak pengen kena macet dan pengen cepet nyampe kalian pasti milih untuk masuk jalan tol. Pernah dong bingung dan was was waktu udah deket ke pintu tol masih enggak tahu berapa saldo "E-Money" kita. Sedangkan deket situ enggak mungkin bisa berhenti dan nyari ATM buat cek saldo E-Money kita. Nah disaat seperti itu, jika kalian punya smartphone yang punya fitur NFC, kalian bisa cek saldo E-Money kalian dengan sangat mudah. Tinggal tempelkan kartu dengan smartphone kalian. Nanti smartphone akan memberitahu kalian jumlah saldonya. Cukup simpel bukan?

  • Lagi belanja di Mall waktu mau bayar ternyata uang kurang, kan enggak mungkin ninggal belanjaan sebentar buat mampir ke ATM ambil duit lagi. Pasti ribet dan lama kan guys. Tapi jangan khawatir kalau kalian punya handphone yang punya fitur NFC pembayaran bisa lewat smartphone kalian. Apalagi jika kalian punya semacam "Dompet Online" seperti Dana, maka enggak perlu lagi melakukan pembayaran secara "Cash".

  • Baru beli handphone tapi masih bingung mindahin data satu satu lewat komputer atau laptop? Kalau handphone baru kalian dua duanya udah ada NFCnya, tinggal tap aja handphonenya data data penting seperti kontak, foto, dll akan pindah secara otomatis. Mudah kan cara pakainya.

4. Rekomendasi HP dengan NFC

Setelah membaca tulisan saya diatas, mungkin ada beberapa kalian yang sudah terpikir untuk membeli ponsel dengan fitur NFC. Tapi tapi melihat dari apa yang bisa dilakukan oleh NFC pastinya kalian berpikir ini mungkin fitur khusus yang ada di ponsel macam smartphone anti misqueen club. Tapi tenang saja, nyata tidak seperti itu. Ada beberapa smartphone dengan fitur NFC dengan harga yang terjangkau, malah beberapa sudah terbilang murah. Berikut ini rekomendasi saya:

1. Redmi Note 8 Pro

Buat kalian yang ingin mencari ponsel baru dari Xiaomi, mungkin ini adalah smartphone yang tepat untuk anda beli jika anda ingin membeli ponsel Xiaomi yang mempunyai fitur NFC. Mengapa cukup tepat? Tentu saja Xiaomi adalah smartphone yang terjangkau. Selain karena terjangkau, spesifikasi dari Redmi Note 8 Pro juga sangat bagus untuk anda yang doyan gaming dan fotografi. Smartphone ini bisa anda beli melalui marketplace seperti shopee atau di toko offline yang merupakan penyalur resmi dengan garansi resmi TAM seperti MI Authorized dan MI Exclusive Partner.

2. Nokia 3.1 Plus

Nama Nokia cukup membuat kita bernostalgia bukan? Mulai dari jaman Nokia dengan layar kecil tanpa warna, kemudian nokia yang berubah sistem operasi menjadi Windows Phone, sampai sekarang memakai Sistem Operasi Android. Nokia 3.1 Plus mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik bagi anda yang punya budget tidak terlalu banyak. Nokia 3.1 Plus ini mempunyai harga yang berada dibawah Redmi Note 8 Pro. Dengan harga sudah dibawah dua juta, sepertinya Nokia 3.1 Plus bisa menjadi pilihan ponsel dengan fitur NFC yang mungkin bisa anda jadikan sebagai second driver atau ponsel kedua anda. 

3. Samsung A30s

Samsung A30s ini adalah seri pembaruan dari Samsung A30. Buat anda yang pengen smartphone dengan fitur NFS tetapi sudah dilengkapi dengan layar Super AMOLED khas Samsung yang jernih, Samsung A30s ini bisa alternatif lain yang bisa anda pertimbangkan. Dengan menggunakan ONE UI, saya rasa Samsung A30s ini akan enak dioperasikan. Varian Samsung A30s ini sudah mempunyai opsi penyimpanan internal 128 GB, cukup lapang untuk anda yang suka meyimpan banyak video. Karena sudah Super AMOLED, tentunya Samsung A30s ini sudah support fitur Always On Display khas Samsung.

4. Asus Zenfone 5Q

Asus sempat booming di Indonesia karena sempat menjadi pesain utama Redmi Note 5. Sejak kemunculan Asus Zenfone Max Pro M1, Asus menjadi ponsel yang banyak dicari para gamer. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dipadukan dengan Android One milik Google, Asus Zenfone Max Pro M1 menjadi ponsel yang irit daya. Kini Asus Zenfone 5Q adalah ponsel yang menjadi penerus dari Max Pro M1. Berbekal harga yang sudah dibawah dua juta, sepertinya Asus Zenfone 5Q ini sangat bisa dijadikan pilihan dari ketiga ponsel diatas. 

5. Jika anda menginginkan ponsel dengan kondisi second hand, sebenarnya masih banyak lagi pilihan yang ditawarkan. Anda bisa mencari di marketplace seperti OLX, atau bukalapak dan Tokopedia dengan filter khusus kondisi bekas. Tetapi jika anda suka merek Xiaomi, anda bisa melihat daftar hp nfc murah Xiaomi MI 5 series. Siapa tahu rekomendasinya bisa membantu anda menentukan ponsel apa yang akan anda beli.   

5. Kesimpulan

Buat kalian, NFC penting enggak sih? Kalau menurut kami, penggunaan NFC sekarang memang booming boomingnya di Indonesia. Hal ini cukup mengurangi transaksi secara tunai (Cashless) sehingga, handphone yang dulu hanya sebatas alat untuk berkomunikasi telepon dan sms, kini bisa beralih fungsi sebagai pengganti dompet konvensional kita. Buat kalian yang ingin beralih ke handphone yang ada fitur NFCnya mungkin sekaranglah saatnya dikarenakan sudah banyak handphone ber NFC yang murah. Jadi, tentukan pilihanmu ya guys. Mau beli ponsel ber NFC yang bekas atau yang baru tidak masalah. Asalkan teliti sebelum membelikan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda. Jika kalian punya pengalaman pribadai seputar penggunaan NFC, kalian bisa tuliskan dikolom komentar ya guys. Siapa tahu bisa berbagi pengalaman seputar penggunaan NFC. Sampai jumpa dipostingan Phones Bridge berikutnya ya guys.  

Belum ada Komentar untuk "Masih Belum Tahu NFC Itu Apa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel