Kategori Smartphone Flagship

Flagship biasanya identik dengan sesuatu yang "Powerful" atau bahasa sederhananya adalah sesuatu yang hebat yang terbaik untuk ditampilkan pada posisi terdepan. Ya, mungkin itu hanyalah definisi sederhana dari saya. Apabila kita telusuri, sebenarnya istilah Flagship itu pertama kali berasal dari dunia kemiliteran. Dunia kemiliteran yang saya maksud lebih tepatnya adalah kemiliteran yang berhubungan langsung dengan kelautan atau yang biasa disebut Angkatan Laut.

phonesbridge flagship


Angkatan Laut biasanya mempunyai banyak sekali kapal kapal perang yang sengaja dipersiapkan untuk kondisi apabila sedang dalam kondisi pertempuran. Tetapi selain kapal kapal perang yang tanda kutip "Biasa" yang disiapkan untuk kondisi pertempuran, pasti Angkatan Laut dimanapun baik Indonesia atau negara lainnya pastilah mempunyai kapal perang dengan spesifikasi tempur yang terbaik. Mungkin bisa mempunyai fasilitas yang paling lengkap untuk menghancurkan musuh, seperti mampu menampung rudal paling banyak, daya tahan terhadap roket paling kuat, radar yang paling canggih, Dll. Intinya adalah sebuah atau bisa juga beberapa kapal dengan jumlah kecil ratetapi mempunyai spesifikasi dan kualitas yang terbaik. Mungkin itulah yang bisa dikategorikan sebagai Kapal Perang "Flagship".

Berbicara dunia smartphone, ternyata kita juga tidak bisa lepas dari istilah Flagship. Dengan pengertian yang hampir mirip seperti yang sudah dijelaskan pengertian Flagship pada versi kapal perang, ternyata samrtphone Flagship mempunyai "Image" yang sama dengan Flagship dunia militer.
Tentu teman teman semua sudah mampu menebaknya ya? Biasanya sih smartphone Flagship identik dengan chipset atau prosesor yang tertinggi. Mungkin untuk saat ini smartphone Flagship yang tercanggih rata rata sudah menggunakan Snapdragon 865. Kemudian desain yang berbalut kaca sehingga menampilkan kesan elegan. Dan mungkin tren yang terakhir untuk smartphone Flagship adalah kemampuan kamera dan video yang terbaik seperti yang dimiliki smartphone Flagship paling baru dari Samsung dan Xiaomi. Mereka sama sama menggunakan teknologi kamera terbaru yaitu 108 MP. Masih banyak lagi hal hal yang bisa kita sebutkan tentang apa saja yang membuat smartphone itu masuk kategori Flagship. Tetapi, sampai disini saya kira teman teman sudah paham mengenai smartphone Flagship.     

Tidak dapat dipungkiri, sebenarnya pangsa pasar untuk smartphone Flagship sangat "Segmented". Hal itu dikarenakan karena teknologi yang dimiliki smartphone Flagship tergolong penemuan baru. Karena teknologi baru tersebut itulah harga yang dimiliki smartphone Flagship biasanya sangat fantastis. Sehingga yang mampu membeli smartphone Flagship adalah kalangan berduit atau orang orang yang sangat mencintai teknologi. Sehingga setiap ada yang baru mereka rela membeli smartphone Flagship  demi mendapatkan kepuasan mencicipi teknologi smartphone yang terbaru. Tetapi jenis orang terakhir,mungkin ada juga yang membeli smartphone Flagship hanya untuk sekedar gengsi saja. 

Untuk pasar smartphone di Indonesia, rata rata banyak diisi oleh smartphone yang berada pada kategori Mid End atau High End dan Low End atau smartphone budget. Hal ini tentu sangat menarik, dikarenakan smartphone Mid End dan Low End berlomba lomba menarik konsumen dengan cara mengambil salah satu fitur dari Flagship ke kategori smartphone Mid End dan Low End. Mungkin contoh yang paling umum adalah mencoba mendaratkan fitur NFC ke smartphone Mid End dan Low End. Cara itu terbilang berhasil, terbukti dengan penjualan pada kategori tersebut yang sangat besar.

Tetapi, yang namanya Flagship tetaplah Flagship, ada banyak spesifikasi kunci yang smartphone Mid End dan Low End tidak punya. Untuk itu, PhonesBridge ingin berbagi mengenai smartphone Flagship yang dimiliki oleh merek merek smartphone di Indonesia. Perlu digarisbawahi  PhonesBridge hanya menuliskan merek merek smartphone yang sudah punya marketshare umum di Indonesia.  

1. Iphone (Apple)

phonesbridge

Siapa yang tidak tahu Iphone? Saya rasa semua sudah pada tahu tentang kiprah dari perusahaan Apple ini. Didirikan oleh Steve Job dan Wozniak, Apple menjadi satu satunya sistem operasi penantang Android. Sudah menjadi hal yang umum bahwa harga smartphone Iphone ini, selalu fantastis karena harganya yang sangat mahal. Hal itu tentunya menjadi hal yang lumrah, karena pada masa keemasan Apple ketika dipimpin Steve Job, Apple menjadi trend setter didunia per smartphone an. Hal ini terbukti dari desain smartphone lain yang "Iphone Sentris", dimana desain smartphone semua terinspirasi dari Iphone. Selain desain yang menjadi ciri khas Iphone, desain yang dibuat Apple juga merupakan yang terbaik. Desain yang elegan dipadu dengan body kaca kini sudah menjadi ciri khas dari IPhone. Tidak seperti smartphone Android, Iphone jarang sekali mengeluarkan smartphone untuk kategori Mid End. Rata rata Iphone selalu merilis smartphone Flagship. Untuk seri Iphone Flagship terbaru Iphone adalah Iphone 11, Iphone 11 Pro dan Iphone 11 Pro Max.

2. Samsung

phonesbridge

Samsung adalah merek smartphone yang sudah lama memulai industri smartphone di Indonesia. Bisa dibilang Samsung adalah pionir dari smartphone Android pada saat itu. Samsung juga salah satu perusahaan yang punya kemandirian dalam hal prosesor dan layar. Samsung membuat sendiri chipsetnya yang diberi nama depan Exynos. Kemudian Samsung sering menerima order untuk pembuatan layar dari beberapa merek Smartphone juga. Untuk saat ini, layar berjenis AMOLED milik Samsung masih yang terbaik. Samsung dikenal melabeli smartphone Flagshipnya dengan seri "S" dan "NOTE". Kedua smartphone Flagship ini rupanya sukses di industri smartphone Indonesia. Untuk smartphone Flagship terbaru samsung saat ini adalah Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy S10 Plus, Samsung Galaxy Note 10, Samsung Galaxy Note 10 Plus, serta yang paling baru dirilis tahun 2020 adalah Samsung Galaxy S20 Ultra.  

3. Oppo

phonesbridge

Oppo mungin juga adalah salah satu smartphone yang usianya di Indonesia tergolong lama. Tentu masih ingat dibayangan kita kalau dulu iklan smartphone yang menurut saya sensasional adalah Oppo N1. Kala itu Oppo masih menggembar gemborkan kalau Oppo adalah smartphone yang berfokus pada "Selfie Camera". Benar saja, semua produk Oppo untuk hasil foto selfienya memang disukai konsumen smartphone Indonesia. Tetapi lambat laun, image smartphone kamera mulai agak luntur setelah Oppo banyak merilis smartphone dengan spesifikasi yang canggih. Oppopun juga mempunyai smarphone Flagship yang dinamai Oppo Find X. Selain Oppo Find X, Oppo juga mempunyai smartphone Flagship yang berfokus pada kamera. Yaitu Oppo Reno. Untuk saat ini seri smartphone Flagship Oppe Reno yang tertinggi adalah Oppo Reno 10X Zoom.  

4. VIVO

phonesbridge

Vivo awalnya tidak terlalu dianggap oleh sebagian masyarakat Indonesia, tetapi diam diam Vivo juga mempunyai karakter fotografi yang disukai oleh konsumen smartphone Indonesia. Bersama dengan Oppo, Vivo membangun image bahwa Vivo adalah smartphone yang berfokus kepada Selfie Kamera. Dan sampai sekarangpun smartphone terbaru mereka masih berfokus pada kamera. Meskipun begitu, ternyata Vivo mempunyai smartphone dengan kategori Flagship. Smartphone Flagship daru Vivo adalah Vivo Nex. Smartphone Flagship Vivo ini mempunyai karakteristik yang agak mirip dengan Oppo, yaitu fitur Pop Up kamera.

5. Xiaomi

phonesbridge

Merek smartphone yang satu ini dikenal punyai basis pendukung yang fanatik. Apalagi kalau bukan Xiaomi. Basis pendukung Xiaomi dikenal dengan nama MI Fans. MI Fans ini cukup dibilang berkembang karena mereka sering menjadwalkan meetup dan sharing sesama MI Fans. Sudah menjadi hal yang umum bahwa Slogan "Spesifikasi Tinggi dengan Harga Murah" menjadi jualan utama Xiaomi. Hal inilah yang menyebabkan Xiaomi menjadi smartphone yang "Value For Money" meskipun sekarang ada saingan dari Realme. Tetapi satu hal yang cukup menarik adalah Xiaomi mempunyai lini smartphone dengan kategori "Flagship". Lini dari smartphone Flagship Xiaomi adalah seri "MIX", atau lebih tepatnya MI MIX. Seri MI MIX yang sudah pernah dikeluarkan Xiaomi adalah MI MIX, MI MIX 2, MI MIX 2S, MI MIX 3, serta yang terbaru adalah MI MIX Alpha yang mempunyai desain "Waterfall" yang sangat luas. Selain seri MIX, seri yang bisa digolongkan sebagai smartphone Flagship dari Xiaomi adalah seri MI itu sendiri. Seri Flagship terbaru dari seri MI adalah MI 10 5G dan MI Note 10 Pro / MI CC 9 Pro. Meskipun MI Note 10 Pro tidak menggunakan chipset terbaru tetapi Xiaomi menyebutnya Flagship kamera.

6. Huawei

phonesbridge

Merek smartphone yang satu ini cukup menarik perhatian saya. Huawei adalah merek smartphone dari Cina yang mungkin sejak saya smp sudah ada. Huawei dulu seringnya menampilkan seri smartphone budget. Tetapi karena divisi Riset dan Development mendapatkan suntikan data yang besar, akibatnya Huawei menjadi smartphone dengan market share tergolong besar. Huawei memberikan label smartphone Flagshipnya pada seri P dan Mate. Flagship dari Huawei ini juga menjadi pioner dalam hal fotografi khususnya fitur kamera yang biasa disebut dengan "Night Mode". Beberapa seri Flagship yang pasti kita ketahui adalah Huawei P 20 Pro dan Mate 20.    

Apabil ada teman teman yang ingin menambahkan daftar smartphone Flagship lainnya, silakan komentar dikolom komentar) 

Belum ada Komentar untuk "Kategori Smartphone Flagship"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel